DAUN MATCHO/BANGLE CHINA


Nama Latin
                             : Gyunra divaricata
Keluarga                                  : Asteraceae
Bagian Yang Digunakan          : Daun, Akar dan Bunga
Manfaat dan Cara Penggunaan :
  1. Sakit Kepala dan Sakit Gigi
    Untuk mendapatkan manfaat tersebut, rebus akar tembelekan yang sudah kering dengan air 500 cc, tunggu hingga mendidih hingga air tersisa 250 cc, saring, dan minum air rebusannya saja.

  2. Diare
    Untuk mengobati masalah pada sistem pencernaan seperti diare dan sakit perut, minum seduhan tujuh gram bunga tembelekan bubuk menggunakan segelas air panas. 

  3. Rematik
    Caranya, rebus daun tembelekan segar dengan jahe merah menggunakan air secukupnya. Tambahkan rebusan tersebut ke dalam bak mandi dan pakai untuk membersihkan diri.
    Kamu juga bisa merebus akar tembelekan kering secukupnya dengan 1 liter air, tunggu hingga mendidih dan campur dengan air dingin sampai hangat, lalu pakai untuk mandi.

  4. Keseleo
    Untuk mengobati keseleo lumatkan daun tembelekan secukupnya, tambahkan dengan arak putih, tepung terigu yang sudah digongseng, kemudian aduk dan tempel kan pada bagian yang terkena sakit. 

  5. Bengkak
    Untuk mengobati sakit pada kulit, bisul, luka berdarah, memar, dan bengkak-bengkak, haluskan daun tembelekan secukupnya, lalu tempel pada bagian yang terkena sakit, dan ganti dua sampai tiga kali dalam sehari.


Comments

Popular posts from this blog

TAPAK DARA

POHON GANDARUSA

DAUN SUJI