DAUN PEGAGAN/GINKO BILOBA


Nama Latin                        :
Centella asiatica
Keluarga                            : Mackinlayaceae
Pemerian                            : Rasa unik dan segar
Bagian Yang Digunakan    : Daun
Khasiat dan Cara Penggunaan 
  1. Mengatasi Hipertensi
    Caranya mudah, tumbuk daun pegagan segar, lalu tambah sedikit air garam, kemudian saring. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, minum ramuan ini pagi hari saat perut masih kosong atau sebelum sarapan.

  2. Mengobati Sariawan
    Cara mengkonsumsi daun pegagan untuk mengobati sariawan cukup mudah, peras daun pegagan, lalu minum secukupnya hingga sariawan mereda.

  3. Meningkatkan Fungsi Otak
    Daun pegagan memiliki kandungan zat yang bersifat antiradang yang mampu meredakan keluhan nyeri sendi pada penderita radang sendi atau osteoarthritis. Tentu saja manfaat ini bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsi daun pegagan secara rutin dan teratur.

  4. Melancarkan Peredaran Darah
    Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak daun pegagan diketahui mampu mencegah dan mengatasi pembekuan darah. Selain itu, ekstrak daun pegagan juga bisa mengurangi risiko terjadinya penyumbatan di pembuluh darah.

  5. Mengatasi Insomnia
    Manfaat daun pegagan untuk kesehatan lainnya, yaitu mengatasi insomnia atau kesulitan tidur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun pegagan memiliki efek yang dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang dan rileks.


Comments

Popular posts from this blog

TAPAK DARA

POHON GANDARUSA

DAUN SUJI